Mengapa Annual Report itu Penting?

Pengertian Annual report

Annual report merupakan laporan keuangan formal yang diterbitkan setiap tahun untuk kemudian dikirim kepada para pemegang saham perusahaan serta berbagai pihak berkepentingan lainnya. Fungsi penting annual report adalah untuk menilai proses operasional selama satu tahun, membahas rencana serta pandangan dan prospek perusahaan pada tahun yang akan datang. Annual report atau laporan tahunan ini bisa dibuat baik untuk organisasi profit maupun maupun non-profit. Fungsi penting annual report juga dapat berdampak pada kemudahan bisnis perusahaan di masa yang akan datang. Dengan rutin membuat laporan tahunan, maka kemungkinan besar para investor dapat melihat citra perusahaan Anda sebagai perusahaan yang transparan soal keuangan, rencana tahunan serta tanggung jawab kepada publik serta stakeholders.
Meskipun fungsi penting annual report lebih ditujukan untuk pengguna eksternal, laporan tahunan ini juga sering digunakan sebagai alat promosi dan pemasaran untuk menunjukkan kepada publik bahwa perusahaan dalam keadaan yang stabil. Pihak manajemen dapat memamerkan berbagai produk dan inovasi baru serta mendiskusikan target pasar yang mereka harapkan untuk masuk di masa mendatang. Jadi, pengertian annual report perusahaan dapat ditafsirkan dalam berbagai kategori sesuai dengan sudut pandang dan kepentingannya.

Memaksimalkan Fungsi Penting Annual Report Melalui Desain Yang Menarik

fungsi penting annual report

Laporan tahunan biasanya diterbitkan dengan tambahan elemen grafik, foto, ilustrasi dan diagram. Tampilan annual report seperti ini akan lebih menarik daripada sebuah laporan keuangan sederhana yang hanya berisi tulisan serta angka. Cara tersebut mampu membuat pihak management memamerkan perihal pencapaiannya untuk menarik minat para investor baru agar dapat bergabung dengan perusahaan. Dalam arti tertentu, fungsi penting annual report dapat bekerja secara lebih maksimal apabila tampilan desain annual report juga tidak dibuat dengan asal-asalan. Hanya saja, meskipun ada elemen tipe pemasaran dalam laporan tahunan, tujuan sebenarnya adalah untuk menyampaikan informasi keuangan perusahaan kepada pihak internal dan eksternal secara luas.

Secara umum, laporan tahunan akan memuat beberapa data penting yang nantinya akan bermanfaat bagi para pembaca-nya. Berikut merupakan dasar-dasar informasi yang wajib disertakan pada annual report perusahaan:
  • Gambaran umum tentang industri di mana perusahaan bergerak.
  • Laporan pendapatan, posisi keuangan, arus kas, dan catatan audit yang terperinci.
  • Diskusi dan analisis manajemen (MD&A) tentang kondisi keuangan bisnis dan hasil yang telah diunggah perusahaan selama dua tahun sebelumnya.
  • Deskripsi singkat tentang bisnis perusahaan dalam satu tahun terakhir.
  • Informasi terkait berbagai segmen bisnis perusahaan.
  • Daftar direktur dan pejabat eksekutif perusahaan lengkap dengan pekerjaan utamanya.
  • Harga pasar dari saham perusahaan dan dividen yang dibayarkan.

Comments