Pembuatan Annual Report BUMN

Pembuatan Annual Report BUMN Berdasarkan Undang-Undang nomor 19 Tahun 2003, BUMN atau badan usaha milih negara didefinisikan sebagai badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan
BUMN menjadi aset penting negara karena hasil dari usaha ini akan dialirkan kedalam kas negara sehingga dapat dimanfaatkan untuk membayar utang negara, administrasi, dan segala kelengkapan saat melakukan ekspor-impor atau kerja sama internasional lainnya dengan negara tetangga. Terhitung mulai dari tahun 2001, seluruh BUMN yang ada di Indonesia berada dibawah koordinasi kementrian BUMN yang dipimpin langsung oleh menteri BUMN (periode kabinet kerja Indonesia Maju periode 2019-2024 adalah Erick Thohir).
annual report bumn

Pengaruh BUMN cukup besar dalam mendorong kemajuan perekonomian negara Indonesia. Seperti perusahaan pada umumnya, BUMN juga dapat dikategorikan sebagai perusahaan nirlaba yang menyediakan barang atau jasa bagi keperluan masyarakat luas. Maka dari itu, penting untuk membuat annual report BUMN atau dikenal juga dengan sebutan laporan keuangan BUMN agar seluruh kegiatan dan rencana keuangannya dapat terpantau secara lebih baik.

Menilik Daftar Perusahaan BUMN Yang Ada Di Indonesia

Menurut data dari situs website resmi BUMN, saat ini negara Indonesia memiliki 115 daftar perusahaan BUMN yang dibagi kedalam 14 kategori. Daftar perusahaan BUMN ini menyusut pesat jika dihitung dari awal masa kemerdekaan Indonesia yaitu dari angka 400 hingga kini menjadi 115 saja. Dan berikut adalah data 14 kategori BUMN Indonesia:
  1. Akomodasi dan Penyediaan Makanan dan Minuman
  2. Industri Pengolahan
  3. Informasi dan Telekomunikasi
  4. Jasa Keuangan dan Asuransi
  5. Jasa Profesional, Ilmiah dan Teknis
  6. Konstruksi
  7. Pengadaan Air, Pengelolaan Sampah, dan Daur Ulang
  8. Pengadaan Gas, Uap, dan Udara Dingin
  9. Perdagangan Besar dan Eceran
  10. Pertambangan dan Penggalian
  11. Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan
  12. Real Estate
  13. Transportasi dan Pergudangan
  14. Kepemilikan Patungan/Minoritas

Mengenal Jenis-Jenis Badan Usaha Milik Negara

BUMN terbagi dalam dua jenis yang didasari oleh undang-undang no. 19 tahun 2013 bahwasannya Badan Usaha Milik Negara terdiri atas dua bentuk , yaitu badan usaha perseroan (PERSERO) dan perusahaan umum (PERUM). Berikut penjelasan singkatnya:
1. Perusahaan Perseroan (Persero)
Pengertian Perusahaan Perseroan yaitu perusahaan yang memiliki modal dalam bentuk saham dan sebagian dari modal tersebut adalah milik negara. Perusahaan Perseroan didirikan dengan tujuan mencari laba (profit motive). Status perusahaan merupakan badan hukum dan diberikan kebebasan bergerak untuk bekerja sama dengan pihak swasta. Mayoritas perusahaan milik negara saat ini berbentuk perseroan. Contoh perusahaan negara yang berbentuk perseroan antara lain PT. PLN, PT. Telkom, PT. Pos Indonesia, GIA (Garuda Indonesia Airways), PT. Pelni, PT. Aneka Tambang, PT. Bank Negara Indonesia, PT. KAI, dan lain sebagainya.
2. Perusahaan Umum (PERUM)
Pengertian Perusahaan Umum yaitu badan perusahaan umum yang seluruh modalnya dimiliki oleh negara dan tidak terbagi atas saham. Perusahaan umum memiliki tugas untuk melayani kepentingan masyarakat luas dalam bidang distribusi, produksi, dan konsumsi. Adapun beberapa contoh perusahaan umum diantaranya yaitu Perum Perumahan Umum Nasional (Perumnas), Perum Pegadaian, dan Perum Dinas Angkutan Motor Republik Indonesia (Damri).

Fungsi dan Peran BUMN Bagi Negara dan Masyarakat

Sebelum masuk ke pembahasan lebih detail mengenai pentingnya menggunakan jasa pembuatan annual report BUMN, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu seputar fungsi dan peran BUMN bagi negara dan masyarakat seperti yang berikut ini:
– Sebagai penyedia layanan dalam kebutuhan masyarakat
– Sebagai alat pemerintah dalam menata kebijakan perekonomian
– Menjadi penghasil devisa negara
– Menyediakan lapangan kerja
– Menyediakan barang ekonomis dan jasa yang tidak disediakan oleh pihak swasta
– Menjadi pengelola dari cabang-cabang produksi sumber daya alam untuk masyarakat luas
– Mendorong aktivitas masyarakat terhadap berbagai lapangan usaha
– Sebagai penyedia layanan dalam kebutuhan masyarakat
– Membantu pengembangan usaha kecil koperasi
– Sebagai pelopor terhadap sektor-sektor usaha yang belum diminati oleh pihak swasta

Pentingnya Menggunakan Jasa Pembuatan Annual Report Untuk BUMN

jasa pembuatan annual report untuk pemerintahan dan bumn

Mengapa penting untuk menjalin kerja sama dengan jasa pembuatan annual report BUMN? Pertama-tama adalah karena menteri Badan Usaha Milik Negara sendiri telah mengeluarkan peraturan nomor per-18/MBU/10/2014 yang berisi tentang penyampaian data, laporan, dan dokumen Badan Usaha Milik Negara secara elektronik. Dengan adanya peraturan tersebut, tentu saja pihak BUMN membutuhkan bentuk annual report yang menarik dan informatif. Disinilah tantinya jasa pembuatan annual report BUMN akan berperan dalam membantu mewujudkan laporan keuangan tahunan yang modern sehingga tampil lebih representatif serta mudah dipahami. Tujuan dari pembuatan laporan keuangan BUMN yaitu untuk meningkatkan penerapan tata kelola perusahaan yang baik atau GCG (good corporate governance) khususnya tentang prinsip transparansi pada BUMN, maka dari itu sangat perlu untuk mengumumkan ikhtisar laporan keuangan tahunan BUMN dan laporan keuangan tengah tahunan BUMN. Alasan lainnya adalah dikarenakan annual report BUMN ini memiliki banyak manfaat baik bagi perusahaan, diantaranya menjadi sarana pertanggung-jawaban laporan keuangan kepada pihak-pihak terkait, meningkatkan kepercayaan publik terhadap kinerja BUMN, serta menjadi bahan evaluasi untuk menyusun perencanaan yang lebih matang kedepannya.
Baik secara isi konten maupun tampilan desain, laporan keuangan BUMN wajib tampil secara prima. Bahkan ada banyak daftar perusahaan BUMN yang telah berhasil mendapatkan penghargaan annual report bergengsi yaitu ARA (Annual Report Award). Tentunya dalam mewujudkan laporan keuangan yang baik haruslah mendapat dukungan dari para tenaga ahli yang sudah berpengalaman di bidangnya. Ditambah kemajuan era digital yang memungkinkan publik secara luas dapat mengakses laporan tahunan milik perusahaan. Maka tidak heran saat ini keberadaan jasa pembuatan annual report BUMN semakin dibutuhkan. Tidak hanya untuk dicetak dalam bentuk buku, nantinya desain annual report tersebut dapat dipublikasikan secara online melalui situs website resmi perusahaan.

Comments

  1. I read this article, it is really informative one. Your way of writing and making things clear is very impressive. Thanking you for such an informative article.Shirt Printing Shops Near Me

    ReplyDelete
  2. It's a nice article, Which you have shared here about the SHIRT PRINTING SERVICE. Your article is very informative and I really liked the way you expressed your views in this post. Thank you.Shirt Printing Shops Near Me

    ReplyDelete

Post a Comment